Selasa, 26 Juli 2016

Demi Kesehatan Reproduksi Anda, Hindari Makanan ini

Demi Kesehatan Reproduksi Anda
Organ reproduksi adalah salah satu organ vital bagi manusia, tak hanya sebagai organ penghasil keturunan, organ reproduksi juga merupakan salah satu organ tempat keluarnya kotoran dari dalam tubuh. Sebab itulah organ reproduksi wajib hukumnya untuk di jaga. Gaya hidup sehat adalah hal yang paling penting dalam  menjaga organ reproduksi ini, adapun kebiasaan gaya hidup sehat meliputi makanan bergizi dan olahraga teratur.

Komplikasi yang timbul dalam sistem reproduksi akan menyebabkan organ reproduksi rusak, tidak seimbang nya hormon, kesuburan dan kesulitan kehamilan. Jika kesehatan Anda terganggu karena pilihan gaya hidup dan makanan maka akan berakibat pula pada sistem reproduksi yang terganggu. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari rencanakan kehamilan dalam rentan waktu dekat berdekatan dengan persalinan.


Dalam rangka untuk menjaga sistem reproduksi Anda berfungsi secara optimal, ini lah makanan yang harus anda dihindari  :


1.  Kafein

Batasi konsumsi kafein, karena kafein  bisa menyebabkan turunnya kesuburan ketika di konsumsi dalam jumlah besar setiap harinya. Kafein juga dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan berakibat pada proses konsepsi. Oleh karena itu batasi mengkonsumsi kopi, soda, dan coklat.

2.  Gula

Gula tidak hanya bisa menyebabkan obesitas akan tetapi juga tidak baik untuk sistem reproduksi anda. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih akan mempengaruhi gula darah dan tingkat energi. Untuk memastikan kesehatan reproduksi anda sehat, anda dapat meninggalkan konsumsi junk food dan konsumsi gula yang berlebih. Sebaiknya anda mulai membiasakan hidup sehat dengan mengurangi pemakaian pemanis buatan.

3.  Alkohol

Secera keseluruhan alkohol tidak baik untuk kesehatan begitu juga untuk sistem reproduksi. Alkohol dapat menyebabkan hilangnya kesempatan hamil sebanyak 50% dari wanita normal lainnya. Begitu juga dengan pasangan anda yang mengkonsumsi alkohol maka kesuburannya akan terganggu karena alkohol berperan dalam kualitas dan jumlah sperma. Alkohol akan bersifat menggangu kesehatan janin anda beberapa kasus menemukan anak yang lahir prematur dan cacat dari wanita yang mengkonsumsi alkohol.

4.  Karbohidrat tertentu

Kesuburan dipengaruhi oleh asupan makanan sehingga untuk anda yang ingin cepat-cepat memiliki anak maka anda dapat memilih karbohidrat kompleks ketimbang karbohidrat lainnya. Karbohidrat kompleks bisa didapat dari jenis serat dan biji bijian. Bagi anda yang ingin cepat hamil dapat meningkatkan konsumsi beras merah dan roti gandum. Karbohidrat yang bersifat cepat dicerna seperti nasi putih dan kentang dapat mempengaruhi gula darah secara cepat sehingga kurang baik dalam kesehatan reproduksi anda.

5.  Makanan Olahan mengandung lemak trans

Sebuah studi menunjukan adanya hubungan antara konsumsi lemak trans dengn kesuburan dikarenakan adanya resiko endometriosis. Endometriosis ditandai dengan adanya pertumbuhan sel endometrium di luar rahim. Lemak trans merupakan minyak yang berupa cairan yang padat dari proses hidrogenesi yaitu proses pengubahan asam lemak tidak jenuh menjadi lemak yang berbahaya. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan reproduksi termasuk kesuburan maka hindari makanan olahan yang mengandung lemak trans. Junk food adalah salah satu makanan yang menyumbang lemak trans terbesar untuk tubuh anda. Konsumsi makanan dengan kandungan lemak tidak jenuh yang umumnya berasal dari nabati.

6.  Kandungan pestisida berlebih


Mencuci bersih buah dan sayur sebelum di konsumsi adalah salah satu bagian penting dalam usaha menjaga kesehatan reproduksi. Kandungan pestisida juga dapat di temui pada jenis air minum yang telah terkontaminasi, telitilah sebelum mengkonsumsi, perhatikan asal sumber air, carilah minuman yang benar-benar didihkan sebelum dipasarkan. Kontaminasi lingkungan seperti xeneostrogens, dapat menyebabkan ketidakseibangan hormon, yang berakibat rusaknya fungsi-fungsi pada organ reproduksi.

Demikian lah informasi tentang kesehatan reproduksi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, jika sekiranya informasi ini bermanfaat silahkan di share untuk kebaikan bersama. Terima kasih

Load disqus comments

0 komentar